x

You are using an outdated browser. Please upgrade your browser to improve your ReverbNation experience.

Azhar's Sideproject / Bio

Just doing my side project, exploring my inspiration, writing my thought, arrange it, home recording it , sharing it , and enjoy it, hope you like it :D


I'm using Genta SG guitar, SDGR Bass Custom, Behringer GDI 21, Russel Bass Amp, Fruity Loop 9 Software, Cool Edit Pro 2.0, and standard desktop computer.

Berawal dari kegemarannya pada musik muncullah keinginan untuk bermain musik, Azhar mulai belajar bermain gitar pada akhir tahun 2003. Pada awalnya Azhar hanya bermain gitar untuk menyalurkan hobi musiknya akan tetapi beriring berjalannya waktu, kegiatan itu mulai terasa kurang menyalurkan minat musiknya. Diawali dari ketidaksengajaannya bermain gitar saat berkunjung ke rumah temannya, Azhar kemudian diajak untuk bermain band bersama teman SMA-nya. Dalam band ini Azhar mengisi posisi pemain bass dan mulai saat itu juga mulai mendalami permainan bass. Banyak lagu yang pernah dibawakan Azhar selama bermain band saat SMA, mulai dari musik pop, rock, alternative, punk rock, hingga musik brit pop. Banyak lagu yang sudah didengarnya dan menjadi influence permainan musiknya. Band-band yang menjadi influence Azhar dalam bermusik adalah Oasis, Saosin, Yellowcard, Rage Against The Machine, Andra and The Backbone, Sheila On 7, dan Peterpan.

Azhar mulai merekam lagunya sendiri ketika secara tidak sengaja membaca artikel disuatu majalah komputer mengenai multitrack audio recording software. Dengan pengetahuan seadanya, Azhar mulai mencoba merekam lagu ciptaannya sendiri. Track audio gitar dan bass diisi dengan menggunakan instrumen asli sedangkan track audio drum diisi dengan pattern yang sudah ada dalam instrumen keyboard. Karena suara drum dalam instrumen keyboard tidak bisa dirubah sesuai keinginan hati dan keterbatasan alat musik drum serta perlengkapan recordingnya, Azhar mulai mencari akal untuk mengisi suara drum dalam lagunya. Pada tahun 2006, Azhar mendapat rekomendasi software dari teman kampusnya sesama anak band untuk mengisi suara drum sesuai dengan keinginan. Diawali dengan tutorial singkat dari teman kampusnya, Azhar mulai mempelajari software drum tersebut. Dengan demikian warna beat musik ciptaan Azhar semakin berwarna dan beragam. Beberapa lagu sudah mulai direkam menggunakan software-software tersebut dan kemudian mencoba dipublikasikan melalui media internet. Pada awalnya lagu-lagu ciptaanya dipublikasikan atas nama band dimana Azhar bermain bass didalamnya, yaitu Midsummer, tapi karena kurang sesuai dengan keinginan warna musik Midsummer maka Azhar mengatasnamakan lagu-lagu ciptaannya dengan Azhar’s Sideproject. Nama Azhar’s Sideproject dipilih karena lagunya merupakan hasil ciptaan dan direkam oleh Azhar sendiri sesuai dengan karakter yang diinginkannya. Mulai dari beat drum, alunan dan melodi gitar, beratnya suara bass yang menjadi penyokong lagu, hingga vokal yang menjadi ujung tombak sebuah lagu semua dilakukan oleh Azhar sebebas keinginannya sehingga menemukan kepuasannya dalam mencipta lagu. Hingga saat ini Azhar masih aktif menulis dan merekam lagunya menggunakan cara Home Recording.

General Info

Band Members
Azhar
Artist Name
Azhar's Sideproject
Home Page
http://www.reverbnation.com/azharssideproject
Active Since
08/07
Genres
Rock / Pop Rock / Instrumental

Contact Info

Location
Bandung, ID
Manager
AIM ARTIST MANAGEMENT - MCBU LABELS

Similar Artists

  • Yellowcard
  • Oasis